kontak redaksi@ruangpublik.com
728x90-ads
Aug 28, 2017
1184 Views
0 3

Ujaran Kebencian Sudah Jadi Budaya Tiap Hari di TV Kita

Written by
300x250-ads

Tidak heran kalau “ujaran kebencian” ini menjadi ladang bisnis di Indonesia. Stasiun televisi di republik ini pun bersedia membayar mahal tayangan yang isinya mengumbar kebencian yang ditayangkan di saat primetime dimana sebagian besar keluarga kita berkumpul dan bercengkrama tiap malam. Mulai dari tayangan berita, talkshow hingga sinetron yang mempertontonkan ketidakcerdasan sebagian besar bangsa kita dalam berkomunikasi.

Saracen ini sebagai dampaknya dan mereka pun melihat ini sebagai peluang bisnis semata. Siapa yang ingin anda salahkan? Masyarakat sebagai demand-nya, pelakunya langsung atau pihak yang membiarkan ujaran kebencian ini menjadi budaya di negara kita?

Saracen memang layak dihukum seberat-beratnya. Namun tidak hanya mereka, siapa yang meng-order mereka patut dihukum lebih berat lagi. Kita terbiasa hanya melihat masalah di ujung pangkalnya saja. Kalau kita telusuri hingga akarnya akan terlihat jelas masalah sebenarnya. Kenapa masyarakat kita jadi suka akan hal yang berbau kebencian dan fitnah? Suka itu karena terbiasa. Kata orang jawa, Witing Tresno Jalaran Soko Kulino. Kita harus hentikan sekarang juga apa yang membuat masyarakat kita ini terbiasa hingga jatuh cinta dengan ujaran kebencian.

Tidak hanya menghukum, pemerintah pun harus turun tangan secara nyata untuk melakukan tindakan preventif dan mengimbanginya dengan konten yang lebih positif. Semoga kasus ini tuntas dan masyarakat kita segera menjadi bangsa yang lebih positif dan kuat!

Article Tags:
Article Categories:
Moral Bangsa
728x90-ads2

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu Title